LAPORAN PRAKTIKUM STRUKTUR DATA Modul 08

30
      LAPORAN PRAKTIKUM
    STRUKTUR DATA
Modul 08









Disusun Oleh :

HERI PURNAMA
125410101
TI 02



UPT LABORATORIUM
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AKAKOM
Yogyakarta
2013


COLLECTION

1).PEMBAHASAN

A.     Praktikum 01
Listing
package aplikasisd;
import java.util.*;
Ø  Sintak program ini berfungsi untuk mengimport class-class yang ada pada java util.

public class Example
{
      private List list;
      private List getList()
      {
            return list;
      }
Ø  Sintak pada baris pertama dalam program diatas adalah untuk menyatakan nama kelas dari program ini, yaitu dengan nama kelasnya adalah kelas Example. Kelas tersebut memiliki tingkat akses private, karena menggunakan akses private, maka data dan method dapat diakses oleh kelas yang memilikinya saja. Dan dengan menggunakan variabel list dari tipe data List.
Ø  Public List getList(), berarti merupakan konstruktor yang dapat diakses semua bagian atau method dalam program ini, yiatu pada List dengan perintah getList atau mengambil daftar List. Maka nilai list akan dikembalikan kembali.

      Example()
      {
            list = new ArrayList();
            list.add(new String("Hello world"));
            list.add(new String("Good bye!"));
            list.add(new integer(10));
      }
Ø  Sintak pada baris  ini merupakan bagian isi dari program dengan nama kelas Example,
Ø  list = new ArrayList, merupakan penciptaan list dengan ArrayList, yang teridiri dari :
·         list.add list ini digunakan untuk memasukan data kedalam list yang mempunyai tipe data String dengan isi dari tipe data tersebut adalah “Hello world!”,kemudian ditambah lagi daftarnya dengan tipe data String pula yang menyatakan pernyataan “Good bye!”.


      public void printList()
      {
            for (Object s:list)
            {
                  System.out.println(s);
            }
      }
Ø  Pada potongan program di atas adalah sebuah method atau konstruktor dengan nama printList. Dan pada method ini dapat diakses oleh semua method lain yang terdapat dalam program ini. Pada method ini akan membaca dari kels Example dengan perulangan, yang menyatakan objek s adalah list atau daftar yang ditambah dari kelas Example tersebut. Dengan menggunakan perintah System.out.println(s), berfungsi untuk memanggil atau menampilkan hasil dari perulangan for tersebut.

      public static void main(String argv[])
      {
            Example e = new Example();
            e.printList();
Ø  Sintak program diatas merupakan suatu method yakni method utama dari program yang mana bersifat public sehingga dapat diakses semua method yang ada pada program ini, perintah tersebut juga merupakan perintah method dengan memulai program dengan method main. Dalam method tersebut,ada suatu sintak yakni  :
·         Example e = new Example(); yang difungsikan untuk menciptakaan object dari class example dan akan dibawa ke dalam method printList sintak programnya :
·         e.printList(); untuk dieksekusi atau ditampilkan pada outputnya.

            Collections.sort(e.getList());
            e.printList();
Ø  sintak ini merupakan lanjutan program pada method void main tersebut. Namun pada potongan program di atas merupakan pengurutan dari data atau objeknya pada kelas Example yang penambahan daftar dari tipe data String. Dengan menggunakan perintah:
·         sort,digunakan untuk mengumpulkan data e yang ada kemudian di urutkan datanya, yaitu data atau objek baru (e) diambil kemudian diurutkan dan kemudian hasilnya akan dibawa kepada method printList untuk ditampilkan pada output lihat pada sintak  e.printList();
·         Karena mengalami sort/urutan, maka dilihat dari kedua data tersebut yaitu data “Hello world!” dan “Good bye!”. Yang memiliki urutan pertama adalah “Good bye!”, kemudian “Hello world!. Sehingga sort yang dilakukan dengan cara ascending dalam program ini.

      }
}

Running
Ø  Pada hasil output diatas terlihat bahwa penggurutan diurutan secara ascending ……. Output sebelum diurutkan adalah :
·         “Hello world”,”Good bye!”.
             Setelah diurutkan adalah
·         “Good bye!”,”Hello world”.
Bila output di satukan yang sebelum dan sesudah menjadi seperti output yang terlihat diatas.

B.Praktikum 02
Listing:
import java.awt.Graphics;
import java.util.LinkedList;
import javax.swing.JFrame;
Ø  Pada program ini menggunakan import declarationsnya adalah
·         import java.awt.Graphics; berfungsi untuk menampilkan grafiks dalam program java ini.
·         import java.util.LinkedList; berfungsi untuk mengattur data dalam bentuk LinkedList yang ada pada program ini.
·         import javax.swing.JFrame; berfungsi untuk menampilkan dan mengatur bnetuk form atau Jframe dalam program tersebut.


public class PercobaanLinkedList extends JFrame
{
       public static void main(String args[])
       {
              new PercobaanLinkedList();
       }
Ø  Program di atas adalah merupakan suatu kelas dengan nama PercobaanLinkedList. Dengan memulai program dengan method void main atau method utama dalam program.
·         New PercobaanLinkedList ini merupakan awal dari kelas dari program ini, dengan bagiannya programnya seperti yang ada dibawah ini :

       LinkedList ll = new LinkedList();
       PercobaanLinkedList()
       {
              ll.add("Test LinkedList");
              ll.add("Coba lagi");
              ll.add(10243);
              this.setDefaultCloseOperation(this.EXIT_ON_CLOSE);
              this.setSize(500,500);
              this.setVisible(true);
              setTitle("Test LinkedList");
       }
Ø  Pada sintak program diatas akan melakukan penciptaan objek dari kelas LinkedListnya yaitu dengan nama l1 yang terlihat adanya sintak program LinkedList ll = new LinkedList(); .Dari kelas PercobaanLinkedLlist akan melakukan penambahan obek yang dilakukan dari penciptaan objek tersebut yang mana menggunakan awal sintak ini ll.add . Sintak ini digunakan untuk melakukan penambahan data pada objek l1 yang memiliki pernyataan “Test LinkedList”, kemudian dilakukan lagi penambahan data dari penciptaan objek baru l1 dengan pernyataan “Coba lagi”, kemudian dilakukan lagi penambahan data pada objek l1 dengan pernyataan 10243.

Ø  Pada program tersebut juga terdapat kata kunci this, yang berarti menunjuk pada kostruktor atau method yang dituju dalam program ini, yaitu this menyatakan untuk mengatur operasi tutup dari form dekstopnya, yaitu :
·         exit_on_close, untuk keluar form atau mutup form tersebut. Sehingga untuk membuat form tersebut dibutuhkan ukuran.Maka diperlukanlah perintah atau pengaturan dengan menggunakan setsize, yang mana kata kunci menunjuk pada perintah :
·         setSize untuk mengatur ukuran form dengan ukuran 500 x 500. Kemudian untuk mengatur tampilkan hasil formnya dibutuhkan perintah:
·         setvisible yang bernilai true/benar. Dan jika menggunakan :
·         setTitle itu merupakan pengaturan untuk judul pada form yang dibuat.Dan pada program ini membuat form dengan judul “Test LinkedList”.

       public void paint(Graphics g)
       {
              g.drawString("Jumlah Elemen :"+String.valueOf(ll.size()),10,50);
Ø  Potongan program di atas merupakan method dengan nama paint dengan menggunakan bentuk Graphics bernama g.
Ø  Dan akan menampilkan kata di antara petik dua yaitu Jumlah Elemen, yang disertai dengan isi dari tipe data string yang akan mengambil data dari data l1 dan memiliki nilai atau value yang memiliki ukuran 10x50. Sehingga dari perintah dibawah ini, dapat diketahui bahwa didalam LinkedList l1 terdapat 3 elemen.

              g.drawString("Elemen ke-1 :"+ll.get(0),10,100);
              g.drawString("Elemen ke-2 :"+ll.get(1),10,150);
              g.drawString("Elemen ke-3 :"+ll.get(2),10,200);
Ø  kemudian menambahkan perintah yg sama namun dengan element yang berurutan berbeda.

              g.drawString("Method getFirst() :"+ll.getFirst(),10,250);
              g.drawString("Method getLast() :"+ll.getLast(),10,300);
Ø  Dari perintah di atas, merupakan perintah yang akan menampilkan isi dari g yang dibawah ke dalam drawString yang kemudian akan menampilkan kata di antara petik dua, yaitu Method getFirst yang akan disertai dengan data l1 yang diambil dengan menggunakan perintah getFirst dari l1 dengan ukuran 10x250, maka dari data yang ada pada l1, untuk data l1 yang ditambah pertama adalah “Test LinkedList”, maka kan ditampilkan hasil tersebut. Kemudian akan menampilkan pula Method getLast, yaitu akan mengambil data l1 dengan perintah getLast dengan menggunakan ukuran 10x300, dari data l1 yang masuk dalam LinkedList, yang masuk terakhir adalah 10243, maka data tersebut akan ditampikan saat dilakukan pemanggilan dengan getLast.

              ll.addLast("Terakhir");
              g.drawString("Method getLast() :"+ll.getLast(),10,350);
Ø  Perintah diatas digunakan untuk melakukan penambahna objek lagi terhadap l1 LinkedListnya dengan menggunakan perintah addLast, hal tersebut berarti data yang akan masuk dalam LinkedList dengan nama l1, akan dilakukan penambah dari belakang atau terakhir. Dari data sebelumnya yang berada dalam posisi terakhir adalah 10243, maka saat dilakukan l1.addLast dengan nama “Terakhir”, maka variabel data dengan nama terakhir akan menggantikan posisi 10243 sebagai method terkahir dalam LinkedList l1 ini.

              ll.remove();
              g.drawString("Jumlah Elemen sekarang:"+String.valueOf(ll.size()),10,400);
       }
}
Ø  Dari perintah di atas dapat diuraikan bahwa suatu perintah untuk menghapus data dalam LinkedList l1, yaitu menggunakan perintah remove, maka akan ada satu data yang dipilih untuk dihapus. Sehingga saat dilakukan pengecekan jumlah elemen sekarang, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan perintah String.valueOf tersebut utnuk mengetahui jumlah elemen yang ada dalam LinkedList l1, yaitu terdapat 3 elemen dan memiliki ukuran 10x400. Yang mana semulanya saat dilakukan penambahan elemen terakhir, jumlah elemen yang ada dalam l1 adalah 4 elemen, saat dilakukan pemanggilan perintah remove, maka akan ada satu elemen yang keluar atau terhapus dari l1, sehingga 4 – 1 = 3 elemen sekarang dalam l1.

Running

2).Latihan
A.menambahkan list integer , Float ,dan Long
Listing
import java.awt.Graphics;
import java.util.LinkedList;
import javax.swing.JFrame;

public class PercobaanLinkedList extends JFrame
{
       public static void main(String args[])
       {
              new PercobaanLinkedList();
       }

       LinkedList ll = new LinkedList();
       PercobaanLinkedList()
       {
              ll.add("Test LinkedList");
              ll.add("Coba lagi");
              ll.add(10243);
                ll.add("Herii Purnama");
                ll.add(new Integer(10));
                ll.add(new Float(9));
                ll.add(new Long(8));
              this.setDefaultCloseOperation(this.EXIT_ON_CLOSE);
              this.setSize(500,350);
              this.setVisible(true);
              setTitle("Test LinkedList");
       }

       public void paint(Graphics g)
       {
              g.drawString("Jumlah Elemen :"+String.valueOf(ll.size()),10,45);
              g.drawString("Elemen ke-1 :"+ll.get(0),10,60);
              g.drawString("Elemen ke-2 :"+ll.get(1),10,80);
              g.drawString("Elemen ke-3 :"+ll.get(2),10,100);
             g.drawString("Created by :"+ll.get(3),10,300);
             g.drawString("Elemen ke-4 Integer :"+ll.get(4),10,125);
              g.drawString("Elemen ke-5 Float :"+ll.get(5),10,150);
              g.drawString("Elemen ke-6 Long :"+ll.get(6),10,175);
              g.drawString("Method getFirst() :"+ll.getFirst(),10,200);
              g.drawString("Method getLast() :"+ll.getLast(),10,225);
              ll.addLast("Terakhir");
              g.drawString("Method getLast() :"+ll.getLast(),10,250);
              ll.remove();
              g.drawString("Jumlah Elemen sekarang :"+String.valueOf(ll.size()),10,275);
           }
}
Running
3).Tugas

1. Apa perbedaan Vektor dan ArrayList pada packet  java.util ?
Jawab :
a. Arraylist tidak disinkronkan sementara vector disinkronkan.
b. Arraylist tidak memiliki ukuran standar sementara vektor memiliki ukuran standar 10.
c. Arraylist tidak mendefinisikan ukuran kenaikan sementara vektor tidak.

2. Bagaimana perintah untuk menambah, menghapus dan menampilkan data pada List ?
Jawab :
·         Untuk menambah data ke dalam List,yaitu menggunakan suatu method tambah, yaitu dengan nama PercobaaLinkedList, dengan menggunakan perintah yang melakukan atau menciptakan objek yang mana data akan masuk ke dalam LinkedList tersebut. Dan menggunakan perintah l1.add(sertakan nama data yang ingin dimasukkan dalam data l1 ini).

·         Untuk menghapus data yang ada pada List,menggunakan perintah remove, yaitu l1.remove(); maka akan ada satu data yang dipilih untuk dihapus dari List.

·         Untuk menampilkan data pada List,menggunakan perintah pemanggilan yang akan menampilkan hasilnya data yang ada pada l1. Yaitu dengan perintah g.drawString(menyertai no index yang ingin dipanggil, dan menentukan pula ukurannya). No index dalam l1 mrupakan nomor pemanggilan dari data pada l1, yang dimulai dari 0 atau first data terakhir jumlah data yang ada atau last.

4).Kesimpulan
1.      Collection adalah merupakan suatu tempat atau wadah yang dapat menyimpan object lainnya baik yang memiliki tipe data yang sama maupun tidak.
2.      Implementasi collection bisa vector,arraylist dan list.
3.      Bila Arraylist tidak disinkronkan maka vector disinkronkan.
4.      Bila Arraylist tidak memiliki ukuran standar tapi vektor memiliki ukuran standar 10.
5.      Bila Arraylist tidak mendefinisikan ukuran kenaikan tapi vektor tidak.

5).Listing Terlampir


    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Thanks For Your Feedback.